10 CONTOH ARRAY DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI


1. Input: passanger membeli tiket kereta api lodaya bisnis jurusan jogja-bandung di stasiun tugu dan mendapatkan tiket yang berisi nomor gerbong bisnis I dan tempat duduk di nomor 2A untuk keberangkatan jam 14.00 di stasiun tugu
Proses: passanger mencari gerbong bisnis I dan mencari nomor tempat duduk di nomor 2A di kereta lodaya bisnis yang hendak berangkat pukul 14.00 di stasiun tugu
Output: passanger menempati gerbong bisnis I dan duduk di kursi nomor 2A di kereta lodaya bisnis tersebut
Kesimpulan: Penumpang mendapatkan nomor tempat duduk di gerbong dan kursi masing-masing sesuai karcis (yang telah ditentukan) di kereta lodaya bisnis yang berangkat pukul 14.00 dari stasiun tugu ke stasiun bandung (jogja ke bandung). Kemudian dia menempati gerbong dan tempat duduk yang sudah ditentukan.

2. tempat praktikum (tempat duduk). jadi, penyusunan tempat duduk dalam praktikum agoritma pemrograman menggunakan susunan sekertaris. jadi setiap kolom atau baris berdasarkan mentoring.

3. penyusunan buku dalam perpustakaan. dalam pentusunan dilakukan juga pada perpustakaan tersebut, misal perpustakaan universitas, akan di bedakan berdasarkan kampus. lalu dalam ruangan, dibedakan dalam dakultas,. kemudian dalam rak per raknya di kelompokan dengan karya atau jenis yang lebih spesifik.

4. Setiap customer yang ingin menyampaikan keperluannya, pertama harus mengambil nomer antrian sampai nomer antrian tersebut dipanggil oleh operator dan customer menuju loket yang tertera pada layar.

5. Input     : mahasiswa mengambil nomor antrian (1 – 400).
Proses  : mahasiswa menunggu nomor antriannya dipanggil,setelah dipanggil  selanjutnya mahasiswa membayar.
Output             : Menerima kwitansi pembayaran

6. input : seseorang melihat kalender untuk mencari tahu, pada tanggal x jatuh pada hari apa.
         proses : (misalnya) mencari tanggal 9 april itu hari apa. Kemudian melihat kalender bulan april kolom 1 baris ke-3
Output : Pada tanggal 9 April adalah hari senin

7. Menonton  bioskop dimana melakukan antri dalam membeli tiket, mobil-mobil yang antri membeli karcis di pintu jalan tol akan membentuk antrian, para calon  mahasiswa yang mendaftarkan diri untuk  ikut  ujian  masuk  perguruan  tinggi  akan  membentuk  antrian  dan  contoh-contoh lain yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari – hari.

8. pemakaian sistem komputer berbagi waktu (time-sharing computer system) dimana ada sejumlah pemakai yang  menggunakan  sistem  tersebut  secara serempak.  Karena  sistem  ini  biasanya menggunakan  sebuah  prosesor  dan  sebuah  memori  utama, maka  jika  prosesor  sedang dipakai oleh seorang pemakai, pemakai-pemakai yang lain harus antri sampai gilirannya tiba.

9. Pada antrian tol,ketika sebuah mobil datang, dari belakang akan menuju kedepan dari antrian. Setelah mobil mendapatkan karcis tol, antrian yang berada di depan akan maju. Pada saat menempatkan data pada ujung (tail) dari queue disebut dengan enqueue, pada saat memindahkan data dari kepala (head) sebuah queue disebut dengan dequeue.


10. Pada antrian loket.Data yang pertama kali masuk ke antrian akan keluar pertama kalinya
Dequeue adalah mengeluarkan satu data dari suatu Antrian
Antrian dapat dibuat dengan menggunakan: Liniear Array dan Circular Array

Kondisi antrian yang menjadi perhatian adalah:
1. Penuh
Bila data pada antrian mencapai kapasitas maksimum antrian. Pada kondisi ini, tidak mungkin dilakukan penambahan ke antrian. Penambahan data menyebabkan kondisi kesalahan Overflow.
2. Kosong
bila tidak ada data pada antrian. Pada kondisi ini, tidak mngkin dilakukan penghapusan data dari antrian. Pengambilan data menyebabkan kondisi kesalahan overflow.
Previous
Next Post »