Google Plus Hangouts

1.       Google Plus Hangouts
ü  Google Plus (google+)èsebuah layanan terbaru dari google yang berbentuk jaringan sosial yang mirip dengan facebook tetapi mempunyai banyak fitur.
ü  Fitur lingkaran èsebuah fitur untuk mengelompokan user kenalan pengguna, dan terhubung ke fitur google umum lainnya seperti google doc atau drive.
ü  Google Hangoutsè fitur layanan video chat gratis dari Google yang memungkinkan satu ke satu obrolan dan Obrolan grup dengan sepuluh orang pada satu waktu bersamaan.
·      lebih memfokuskan pada interaksi kumpulan banyak ke banyak bukan satu ke satu video chatting, dan memanfaatkan teknologi dapat beralih fokus secara mulus kepada orang yang sedang chatting.
·      dapat diakses melalui laptop dan desktop komputer serta dengan Android perangkat mobile (Android v2.3 Gingerbread’ ke atas) dan, di akan dikembangkan untuk perangkat iOS.
·      Selain video chatting, pengguna dapat berbagi dokumen, scratchpads, gambar dan video YouTube dengan pengguna lain.
·      menawarkan fitur ‘Siaran Hangouts’ untuk penyiaran percakapan video langsung yang dapat diakses kepada siapa pun dengan web browser.
Berikut ini cara-cara memulai Google Hangouts :

- Masuk ke Profil Google plus Anda lalu klik gambar kamera hangouts tersebut

- Isi judul hangouts dan pilih nama teman yang akan diundang, lalu klik tombol bagikan untuk mengirim undangan hangouts tersebut.

- Untuk kembali menambahkan teman lain dalam hangout tersebut, Anda klik pada tombol undang orang lalu masukkan nama yang akan diundang kemudian klik tombol kirim untuk mengirim undangan tersebut.


- Kemudian pada layar teman yang Anda undang, akan muncul tampilan seperti berikut.

- Kemudian klik tombol Gabung ke video call untuk masuk ke dalam hangouts tersebut.

 - Klik tombol Ngobrol untuk mengobrol secara berkelompok dan untuk melakukan chatting dapat dilakukan dengan mengetik di kotak bagian kanan bawah.
- Didalam hangouts tersebut disediakan aplikasi untuk berbagi layar antar anggotahangouts sehingga dapat digunakan untuk penyampaikan materi secara langsung.
- Klik tombol berbagi layar lalu akan muncul pilihan layar mana yang akan dibagi ke anggota hangouts.

- Setelah itu pilih layar mana yang akan di bagi, lalu klik Start Screenshare

- Berikut ini tampilan dari hasil layar yang akan dibagi ke anggota hangouts

- Terdapat juga aplikasi untuk memotret gambar dari hasil berbagi layar sehingga bisa digunakan untuk dokumentasi.
- Klik tombol Jepret lalu pilih layar yang akan di foto, kemudian klik logo camera. Untuk melihat hasilnya, klik pada bagian kanan bawah.

Apabila anggota hangout ingin melakukan persentasi, maka Anda perlu mengunduhaplikasi tambahan yaitu Slide share. Untuk itu, Anda arahkan mouse pada tulisan aplikasi lain, lalu klik tombol tambahkan aplikasi lalu cari aplikasi slide share kemudian klik ikon slide share tersebut.


- Tunggu sampai proses mengunduh dan pemasangan di hangouts selesai.

- Berikut tampilan awal setelah slide share sudah terpasang pada hangouts.

- Lalu cari file persentasi yang ingin ditampilkan pada kotak pencarian. Dimana file yang akan di persentasikan tersebut, terlebih dahulu sudah di upload di www.slideshare.com

- Berikut tampilan file persentasi yang akan dipersentasikan.

- Untuk berbagi file di dalam hangouts dapat juga digunakan aplikasi tambahan seperti Google drive yang dapat dicari dengan cara seperti aplikasi slide share. 
- Berikut tampilan penggunaan google drive untuk menampilkan file yang sudah ada pada google docs
 
Previous
Next Post »