Mengenal Blender
Blender adalah aplikasi grafis 3D yang
dirilis sebagai perangkat lunak bebas (oss) dibawah GNU general publik license
dapat digunakan untuk modeling.vv unwrapping,texturing,ringging,water
simulations,skinning,animating,rendering,particle dan simulations,non-linear
editing,compositing,dan membuat interactive 3D applications,termasuk games.
Blender tersedia untuk sejumlah OS antara
lain :LINUX,MAX OS X &Microsoft Windows.Featuretermasuk advenced
simulations tools seperti rigid body,fluid,cloth & Soft Body
Dynamics,modifier based,modeling tools,powerfull character animation tools, a
nade based material and composting system & python untuk scripting.
F
SEJARAH
BLENDER
Blender tercipta dari komunikasi pecinta
animasi dari berbagai lata belakang,mereka beraliansi membuat sebuah software
yang free open source & bebas di kembangkan.Blender di gagas oleh ton
roosendaal,(belanda). Awalnya ton roosendaal mendirikan studio animasi
(1988-2002) kemudian blender menjadi software shareware animasi di tahun yang sama
ton roosendaal mendirikan blendeer institute.
Sejak periode 2002 sampai sekarang,blender
selalu update fiture,interface dan perfermanya,sehingga kemampuan blender untuk
digunakan prosedur animasi tidak di ragukan, terbukti dengan hasil open movie beberapa
film keluaran sintal (blender instituate).
F
ANIMASI
OPEN SOURCE
Dunia animasi 3D berkembang sejak tahun
1995,ketika film 3D pertama PIXAR (Toy story)di rilis di america.walaupun
sebelumnya banyak terdapat riset dalam film pendek 3D di beberap negar ,namun
ke piayaian PIXAR & kerja keras nya selama 20 tahun sanggup menjadi
inspirator banyak studio animasi di dunia.hingga saat ini PIXAR masih
mendominasi bisnis animasi 3D dunia selain Dreamwork & studio lain nya.nah
dibalik semua itu Linux &open source berperan cukup besar.dunia animasi
dikejutkan dengan muncul nya open movie pertama di dunia yaitu elephants
dreams.film berdurasi pendek ini keseluruhan nya di produksi dengan free open
source software (foss) , dengan software utamanya blender. ED di buat di blanda
dengan konsep kolaborasi.pencetusnya(blender institute) mengkonsep produk film
ini dengan merekrut animator pilihan dari berbagai dunia.mereka berkumpul di
amsterdam selama satu tahun & mengerjakan film sampai selesaidengan bantuan
komunitas blender di seluruh dunia melalui blog/website.produk fim sekaligus
pencipta blinder,ton roosendaal,adalah ujung tombak dari projek open movie
inr.blender intitute.menciptakan open game,big buy funny, dan terakhir
durian.demikianlah akhirnya ganre animasi open source di mulai.
Seperti halnya PIXAR dimasa awal,open movie
dikerjakan sebagai puncak dari riset & teknologi dibaliknya.
ConversionConversion EmoticonEmoticon