BAB I Pengantar Organisai Komputer
1. Apa
yang dimaksud dengan Komputer ?
Komputer adalah suatu
alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input,
memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan
perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam
bentuk informasi.
2. Komputer
memiliki 5(lima) bagian utama yang
mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Sebut dan jelaskan, serta gambarkan
susunannya !
a. Unit
Input (Input Device)
Yaitu perangkat keras komputer yang berfungsi
sebagai alat untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer. Setiap komputer
mempunyai input device dasar seperti keyboard dan mouse. Selain itu input
device tambahan seperti scanner, microphone, joystick, dan webcam.
b. Unit
Memori (Memory)
Unit memori ini berfungsi untuk menyimpan program
dan data, terbagi menjadi 2 yaitu Random Access Memory (RAM) untuk menyimpan
data sementara dan Read Only Memory (ROM) yaitu memori yang hanya bisa dibaca
sebagai penyedia informasi saat komputer pertama kali dihidupkan.
c. Unit
Aritmetika dan Logika (Central Processing Unit)
Central Processing Unit (CPU) merupakan otak dari
sistem komputer yang memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu: Arithmetical
and Logic Unit (ALU) sebagai pusat pengolahan data dan Control Unit (CU)
sebagai pengendali kerja komputer.
d. Unit
Output
Yaitu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Misalnya: monitor, printer,
hasil scanner, speaker, dll.
e. Unit
Kontrol
Unit Kontrol secara efektif merupakan syaraf yang
mengirim sinyal kontrol ke unit lain dan mengetahui keadaan unit tersebut.
3. Ada
definisi dari organisasi computer dan arsitektur computer ? Sebutkan perbedaan
utamanya !
a. Organisasi
Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturnya.
b. Arsitektur
komputer adalah konsep perencanaan dan
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistemkomputer.
c. Perbedaan
utama Organisasi dengan Arsitektur Komputer adalah, organisasi komputer
merupakan sekumpulan unit unit
operasional pada komputer yang bekerja bersama-sama demi satu tujuan, sedangkan
arsitektur komputer merupakan teknik yang digunakan dalam perancangan suatu
organisasi komputer agar dapat berjalan sebagai mana mestinya.
Contoh,
misalkan ada pernyataan “Apakah kompatibel dengan system 64Bit ?” (Arsitektur
Komputer)
dan “Apakah akan
menggunakan intel x86 atau x64 ?” (Organisasi Komputer).
4. Gambar
dan jelaskan masing-masing struktur internal computer !
a. CPU(Central
processing unit)
Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi
aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari
informasi yang dimasukkan melalui beberapaperangkat keras, seperti papan ketik,
pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksiperangkat
lunak komputer.
b. Input
/ Output.
Input Unit ini berfungsi sebagai media untuk
memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna
menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang
umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard
dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Sedangkan Output, Output adalah perangkat komputer yang berguna untuk
menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor
(softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter,
monitor dan banyak yang lainnya.
c. System
Interconnection
Fungsi System Interconnection yakni, untuk
menghubungan diantara ketiga elemen CPU - Main Memory - Input Output untuk
disinkronisasikan dan dijalankan oleh komputer.
d. Main
Memory
Memori utama merupakan media penyimpanan dalam
bentuk array yang disusun word atau byte, kapasitas daya simpannya bisa jutaan
susunan.Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Fungsi Main Memory, adalah sebagai tempat
penyimpanan sementara data - data yang sedang beroperasi.
5. Sebut
dan jelaskan fungsi computer, kemudian gambarkan struktur aliran datanya !
a. Komputer
pada bidang keamanan
Pada bidang keamanan dan pertahanan, komputer
merupakan suatu bagian yang sangat penting, karena lewat komputer suatu negara
dapat memperkuat pertahanannya dari serangan luar, dengan peralatan-peralatan
yang canggih suatu negara cukup menyerang dan bertahan dengan mengendalikan
computer
b. Komputer
untuk bidang kesehatan
Pada jaman yang canggih seperti sekarang ini, pada
bidang kesehatan pun telah mulai memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan
efektivitas dan efisiensi, diantaranya adalah penggunaan alat kedokteran yang menggunakan
aplikasi komputer yaitu Ultra Sonografi (USG).
c. Komputer
sebagai sarana pengontrolan
Komputer sebagai alat control bagi pemantauan CCTV,
tata lampu traffic light, maupun escalator. Dalam hal ini komputer sebagai alat
control jarak dekat maupun jarak jauh.
d. Komputer
sebagai sarana usaha
Dengan adanya komputer, kita dapat membuka usaha
misalnya usaha percetakan atau sablon, usaha video editing, usaha desain
arsitektur, dan warnet.
e. Komputer
sebagai sarana informasi
Komputer
yang terhubung ke internet akan membuat kita akan lebih mudah mencari
informasi, mulai dari berita politik, perdagangan, travel, referensi bagi
pelajar, dan lain sebagainya.
BAB II Evolusi dan Kinerja Komputer
1. Komputer
memiliki perkembangan dalam pembuatan serta teknologinya, jelaskan secara
singkat sejarah computer beserta ciri-cirinya !
1. Generasi
I (1944-1959)
Komputer generasi pertama ini, antara lain:
·
ENIAC
·
EDVAC
·
EDSAC [electronic
delayed storage automatic computer]
·
UNIVAC I
Ciri-ciri
komputer generasi pertama antara lain:
a. Komponen
dasarnya adalah vacuum tubes atau tabung hampa;
b. bahasa
yang digunakan adalah bahasa mesin;
c. bentuk
fisik besar dengan kapasitas yang relatif kecil, misalnya ENIAC mempunyai bobot
30 ton dengan 18.000 vacum tubes;
d. memerlukan
environment yang khusus karena banyak menghasilkan panas.
2. Generasi
ke-2 (1959-1965)
Mesin komputer generasi kedua antara lain:
·
IBM seri 1400
·
UNIVAC III
·
NCR Seri 304
·
CDC Model 6600 super
dan 7600
Ciri-ciri komputer generasi ke-2 adalah:
a. menggunakan
transistor sebagai komponen utama;
b. bahasa
yang dipergunakan adalah bahasa assembly dan fortran;
c. mulai
dipergunakan media magnetic untuk menyimpan data;
d. ukuran
fisik relatif lebih kecil
3. Generasi
ke-3 (1965-1970)
Mesin komputer generasi ketiga antara lain:
·
IBM sistem 360
·
IBM sistem 3
a. Ciri-cirinya
antara lain:
b. menggunakan
IC (Integrated Circuit) sebagai komponen utama;
c. program
dalam bahasa tingkat tinggi (High level language).
d. mulai
menempatkan konsep operasi Multi processing dan multi programmming.
4. Generasi
ke-4 (1970-1983)
Mesin komputer generasi keempat antara lain:
·
IBM sistem 370
·
Burrough 700
Ciri-cirinya antara lain:
a. Komponen
utamanya adalah LSI (large scale integrated circuit);
b. program
High level language.
c. kapasitas
semakin besar dan bentuk makin kecil;
d. operating
lebih mudah.
5. Generasi
ke-5 (1983 –Sekarang)
Komputer-komputer saat ini merupakan komputer
generasi kelima, komponen utamanya adalah VLSI (Veri large scale integration)
yang merupakan gabungan dari LSI.
6. Komputer
masa depan
Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak
sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi
yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi
teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang
disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang
dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi
yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta
input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.
Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang
tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa
program
2. Peningkatan
kinerja mikroprosesor terus berlanjut, ada beberapa teknik yang telah
dikembangkan di antaranya adalah:
a. Branch
Prediction
Dalam arsitektur komputer, sebuah Branch Prediction
adalah sirkuit digital yang mencoba untuk menebak arah mana cabang (misalnya
struktur if-then-else) akan pergi sebelum keadaannya diketahui pasti. Tujuan
dari Branch Predictor untuk meningkatkan aliran dalam pipa instruksi. Branch
Prediction penting dalam mikroprosesor pipelined untuk mencapai kinerja
tinggi.Dua arah percabangan biasanya diimplementasikan dengan instruksi lompat
bersyarat. Melonjaknya bersyarat dapat menjadi "tidak diambil" dan
melanjutkan eksekusi dengan cabang pertama dari kode yang mengikuti segera
setelah lompat bersyarat - atau dapat "diambil" dan melompat ke
tempat yang berbeda di memori program dimana cabang kedua kode itu disimpan
b. Data
Flow Analysis
Data-flow analisis adalah sebuah teknik untuk
mengumpulkan informasi tentang kemungkinan set nilai-nilai dihitung pada
berbagai titik dalam sebuah program komputer .Sebuah program flow control
grafik (CFG) digunakan untuk menentukan bagian-bagian dari sebuah program untuk
mana suatu nilai tertentu yang diberikan ke variabel mungkinmerambat. Informasi
yang dikumpulkan sering digunakan olehkompiler ketikamengoptimalkanprogram.
Contoh kanonik dari analisis aliran data mencapai definisi . Sebuah cara
sederhana untuk melakukan analisis data flow program adalah untuk mengatur
persamaan data flow untuk setiap node dari grafik kontrol aliran dan
menyelesaikannya dengan berulang kali menghitung output dari input secara lokal
padasetiap node sampai seluruh sistem stabil, yaitu mencapai sebuah fixpointSpeculative
Execution
Untuk menyediakan konkurensi lebih jika sumber daya
tambahan yang tersedia
c. Speculative
Execution
Eksekusi spekulatif dalam sistem komputer adalah
melakukan pekerjaan, yang hasilnya mungkin tidak diperlukan.Targetnya adalah untuk
menyediakan konkurensi lebih jika sumber daya tambahan yang tersedia
3. Terdapat
beberapa metode untuk mengatasi masalah perbedaan kecepatan operasi
mikroprosesor dengan komponen lainnya, yaitu
a. Meningkatkan jumlah bit yang dicari pada suatu saat tertentu dengan melebarkan DRAM dan
melebarkan lintasa sistem busnya.
b. Mengubah antarmuka DRAM sehingga
lebih efisien dengan
menggunakan teknik cache
atau pola buffer lainnya pada keping DRAM.
c. Meningkatkan
bandwidth interkoneksi prosesor dan memori dengan penggunakan hierarki bus –
bus yang lebih cepat untuk buffering dan membuat struktur aliran data.
4. Jelaskan
perkembangan dari Pentium !
1993
: Intel® Pentium® Processor
Processor generasi baru yang mampu
menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.
1995 : Intel® Pentium® Pro Processor
Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.
1997 : Intel® Pentium® II Processor
Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.
1995 : Intel® Pentium® Pro Processor
Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.
1997 : Intel® Pentium® II Processor
Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.
1998 : Intel® Pentium II Xeon® Processor
Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.
1999 : Intel® Celeron® Processor
Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.
1999 : Intel® Pentium® III Processor
Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.
1999 : Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.
2000 : Intel® Pentium® 4 Processor
Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.
2001 : Intel® Xeon® Processor
Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.
2001 : Intel® Itanium® Processor
Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).
2002 : Intel® Itanium® 2 Processor
Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium
2003 : Intel® Pentium® M Processor
Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.
2004 : Intel Pentium M 735/745/755 processors
Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.
2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets
7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.
2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.
2005 : Intel Pentium D 820/830/840
Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.
2006 : Intel Core 2 Quad Q6600
Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )
2006 : Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP)
5. Jelaskan
perkembangan Power PC !
PowerPC dibangun dengan
arsitektur RISC (instruction set computers).
Proyek mini komputer
801 di IBM pada tahun 1975 mengawali banyak konsep arsitektur yang digunakan
dalam sistem RISC. 801 bersama dengan prosessor RISC I Berkeley, meluncurkan
gerakan RISC, namun 801 hanya merupakan prototipe yang ditujukan untuk
mengenalkan konsep disain. Keberhasilan memperkenalkan 801 menyebabkan IBM
membangun produk workstation RISC komersial yaitu PC RT pada tahun 1986, dengan
mengadaptasi konsep arsitektural 801 kedalam kinerja yang sebanding atau yang
lebih baik. IBM RISC System/6000 merupakan mesin RISC superscalar yang
dipasarkan sebagai workstation berunjuk kerja tinggi, tidak lama kemudian IBM mengkaitkan
mesin ini sebagai arsitektur POWER.
IBM kemudian menjalin
kerjasama dengan Motorola, pembuat mikroprosessor seri 6800, dan Apple, yang
menggunakan keping Motorola dalam komputer Macintoshnya dan hasilnya adalah
seri mesin yang mengimplementasikan arsitektur PowerPC yang diturunkan dari
arsitektur POWER dan merupakan sistem RISC superscalar.
Bab III Struktur CPU
1. Gambar
dan jelaskan struktur detail internal CPU !
Dalam mewujudkan fungsi
dan tugasnya, CPU tersusun atas beberapa komponen sebagai
bagian dari struktur
CPU, seperti terlihat pada gambar 3.1 dan struktur detail internal CPU terlihat
pada gamber 3.2. CPU
tersusun atas beberapa komponen, yaitu :
a. Arithmetic
and Logic Unit (ALU), bertugas membentuk fungsi - fungsi pengolahan data
komputer. ALU sering disebut mesin bahasa (machine
language ) karena bagian inimengerjakan instruksi - instruksi bahasa mesin yang
diberikan padanya. Seperti istilahnya, ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit
arithmetika dan unit logika boolean, yang masing -masing memiliki spesifikasi
tugas tersendiri.
b. Control
Unit , bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol computer
sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi –
fungsioperasinya. Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil
instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
c. Registers
, adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan
data.Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data
saat diolah ataupundata untuk pengolahan selanjutnya.
d. CPU
Interconnections, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen
internalCPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register - register dan juga dengan
bus - bus eksternal CPUyang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori
utama, piranti masukan/keluaran.
2. Sebutkan
fungsi CPU !
Melakukan berbagai
operasi, termasuk operasi aritmatika dan logika terhadap data yang datang dari
memori atau informasi yang dimasukkan melalui perangkat keras, seperti papan
ketik (Keyboard), pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.Menjalankan program –
program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil
instruksi – instruksi, menguji instruksi
tersebut dan mengeksekusinya satu
persatu sesuai alur perintah
3. Jelaskan
siklus Fetch-Eksekusi !
a. di
awal setiap siklus, CPU akan membaca dari memori utama
b. sebuah
register, yang disebut Program Counter (PC), akan mengawasi dan menghitung
instruksi selanjutnya
c. ketika
CPU membaca sebuah instruksi, Program Counter akan menambah satu hitungannya
d. lalu
instruksi-instruksi yang dibaca tersebut akan dimuat dalam suatu register yang
disebut register instruksi (IR), dan akhirnya
e. CPU
akan melakukan interpretasi terhadap instruksi yang disimpan dalam bentuk kode
binari, dan melakukan aksi yang sesuai dengan instruksi tersebut.
4. Sebutkan
fungsi interrupt !
Fungsi interupsi adalah
mekanisme penghentian atau pengalihan pengolahan instruksi dalam CPU kepada
routine interupsi. Hampir semua modul (memori dan I/0) memiliki mekanisme yang
dapat menginterupsi kerja CPU
5. Apabila
interupsi ditangguhkan, prosesor akan melakukan apa ?
a. Prosesor
menangguhkan eksekusi program yang dijalankan dan menyimpan konteksnya.
Tindakan ini adalah menyimpan alamat instruksi berikutnya yang akan dieksekusi
dan data lain yang relevan.
b. Prosesor
menyetel program counter (PC) ke alamat awal routine interrupt
Bab IV Memori
1. Sebutkan
sifat-sifat sel memori, beserta fungsinya !
a. Sel
memory memiliki dua keadaan stabil atau tidak stabil yang dapat digunakan untuk
merepresentasikan bilangan biner 0 dan 1.
b. Sel memory mempunyai kemampuan untuk ditulisi
→ untuk menyetel keadaan
c. Sel
memory mempunyai kemampuan untuk dibaca → untuk merasakan keadaan
2. Sebutkan
karakteristik memori computer dan berikan penjelasan !
a. Lokasi
memori berada pada 3 lokasi, yaitu:
Memori Local atau sering disebut dengan register.
Built-in berada dalam CPU, diperlukan untuk semua kegitan CPU.
Memori Internal atau sering disebut dengan memory primer
atau memory utama. Berada diluar CPU bersifat internal pada system computer,
diperlukan oleh CPU dalam proses eksekusi (operasi) program sehingga dapat
diakses secara langsung oleh CPU tanpa melalui perantara.
Memori Eksternal atau sering disebut dengan memori
sekunder. Bersifat eksternal dan berada di luar CPU, diperlukan dlam menyimpan
data atau instruksi secara permanen, terdiri atas perangkat storage seperti:
disk, pita magnetik, dll
b. Kapasitas Memory
Kapasitas register dinyatakan dalam bit.
Kapasitas memory internal dinyatakan dalam bentuk
byte (1 byte = 8 bit) atau word.
Kapasitas memori eksternal dinyatakan dalam byte.
c. Satuan
Transfer
Memory Internal. Satuan transfer merupakan jumlah
bit yang dibaca atau ditulis ke dalam memori pada suatu saat.
Memory Eksternal.Data ditransfer dalam jumlah yang
jauh lebih besar dari word, yang dikenal dengan block.
d. Metode
Akses Memory
Ada 4 jenis pengaksesan data satuan, yaitu:
·
Sequentaial Access.
Diorganisasikan menjadi unit-unit data yang disebut record, dibuat dalam bentuk
urutan linier yang spesifik. Contoh sequential access adalah akses pada pita
magnetic.
·
Direct Access.
Menggunakan shared read/write mechanism tetapi setiap blok dan record memliki
alamat yang unik berdasarkan lokasi fisik. Contoh direct access adalah akses
pada disk.
·
Random Access. Dapat
dipilih secara random, waktu mengakses lokasi tidak tergantung pada urutan
akses sebelumnya dan bersifat konstan. Contoh random access adalah system
memori utama.
·
Associative Access.
Setiap word dapat dicari berdasarkan pada isinya dan bukan berdasarkan
alamatnya, waktu pencariannya tidak bergantung secara konstan terhadap lokasi
atau pola access sebelumnya. Contoh associative access adalah memory cache.
e. Kinerja
memory
3 buah parameter untuk kinerja system memory, yaitu:
Access Time.Bagi RAM waktu akses adalah waktu yang
dibutuhkan untuk melakukan operasi baca atau tulis.Bagi non RAM waktu akses
adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan mekanisme baca tulis pada lokasi
tertentu.
Cycle Time.Waktu akses ditambah dengan waktu
transien hingga sinyal hilang dari saluran sinyal untuk menghasilkan kembali
data bila data ini dibaca secara destruktif.
Transfer Rate. Merupakan kecepatan pemindahan data
ke unit memori atau ditransfer dari unit memory. Bagi RAM, transfer rate sama
dengan . Bagi non-RAM, transfer rate
sama dengan , dimana Waktu rata-rata
untuk membaca atau menulis sejumlah N bit,
waktu akses rata-rata, Jumlah
bit, kecepatan transfer dalam bit per
detik.
f. Tipe
Fisik Memory
Ada dua tipe fisk memory, yaitu:
Memory Semikonduktor. Memory ini memakai teknologi
LSI atau VLI, memory ini banyak digunakan untuk memory internal misalnya RAM.
Memory Permukaan Magnetik.Banyak digunaakan untuk memory eksternal yaitu untuk
disk atau pita magnetic.
g. Karakteristik
Fisik
Volatile dan Non-volatile. Pada memory volatile
informasi akan hilang bila listrik dimatika. Pada memory Non-volatile informasi
akan tetap berada tanpa mengalami kerusakan sebelum dilakukan perubahan, memory
ini daya listrik tidak diperlukan untuk mempertahankan informasi tersebut.
Erasable dan Non Erasable. Erasable artiny isi memory dapat dihapus dan diganti
dengan informasi lain.
h. Organisasi
Organisasi dalah pengaturan bit dalam menyusun word
secara fisik. Hirarki Memory : Semakin kecil waktu access, semakin besar harga
per bit. Semakin besar kapasitas, semakin keci harga per bit. Semakin besar
kapasitas, semakin besar waktu access untuk kinerja yang optimal, diperlukan
kombinasi teknologi komponen memori.
3. Tiga
konsep yang berhubungan dengan satuan transfer adalah
• Word. Ukuran word biasanya sama dengan jumlah
bit yang digunakan untuk representasi bilangan dan panjang instruksi.
• Addressable units,
pada sejumlah sistem, adressable units adalah word. Hubungan antara panjang A
suatu alamat dan jumlah N adressable unit adalah 2A =N.
• Unit of tranfer,
adalah jumlah bit yang dibaca atau dituliskan ke dalam memori pada suatu saat.
Pada memori eksternal, tranfer data biasanya lebih besar dari suatu word, yang
disebut dengan block.
4. Empat
macam metode access memori adalah
a. Sequential
Access
merupakan metode yang paling sederhana. Informasi
yang disimpan dalam berkas diproses berdasarkan urutan.
b. Direct
Access
merupakan metode yang membiarkan program membaca dan
menulis dengan cepat pada berkas yang dibuat dengan fixed-length logical order
tanpa adanya urutan.
c. Random
Access
Setiap lokasi dapat dipilih secara random dan
diakses serta dialamati secara langsung.
d. Associative
Access
Setiap word dapat dicari berdasarkan pada isinya dan
bukan berdasarkan alamatnya.
5. Berdasarkan
karakteristik untuk kerja, memori memiliki 3 parameter yaitu
a. Access
Time.(Bagi RAM)
Access time merupakan waktu yang dibutuhkan untuk
melakukan operasi baca atau tulis.Bagi non RAM, access time adalah waktu yang
dibutuhkan untuk melakukan mekanisme baca tulis pada lokasi tertentu.
b. Memory
Cycle Time.
Terdiri dari access time ditambah dengan waktu
tambahan yang diperlukan transient agar hilang pada saluran signal atau untuk
menghasilkan kembali data bila data ini dibaca secara destruktif.
c. Transfer
Rate. Transfer rate adalah kecepatan data agar dapat ditransfer ke unit memori
atau ditransfer dari unit memori
6. Tuliskan
rumus dari random access memory beserta keterangan, berikan contohnya !
a. Transfer
rate(Bandwidth)
Bandwidth(MB/s)
= FSB (MHz) X Lebar data (Byte)
Contoh sebuah DDR2 PC800, berarti memiliki bus
sebesar 800 MHz.
Lebar data (width) sebuah RAM adalah 64-bit, atau
dikonversikan kedalam satuan byte sama dengan 8 byte. [1 byte = 8 bit]
Transfer Rate = Bus (MHz) x Lebar Data (Byte)
Transfer Rate = 800 MHz x 8 Byte = 6.400 MB/s. Itu
artinya transfer rate RAM DDR2 PC800 adalah sebesar 6.400 MB/s.
b. Bus
Speed
Bus Speed(MB/s)
= Clock speed(Mhz) x 2 Cycle
per clock
contoh menghitung bus speed dari "Dual Channel
DDR" perhitungan dasar untuk dual channel adalah bila 1 keping memory
memiliki lebar data 64 bits, maka untuk dua keping yg "identik" akan
menghasilkan 2 x 64 bits = 128 bits bandwidth. Maka dari 128 bits itu sama
dengan 16 bytes. Kita ambil contoh untuk yg memory clocknya 100 MHz maka
perhitungannya menjadi:
200 MHz x 16 bytes (128 bits) = 3.200 MBps.
7. Sebutkan
keandalan memori !
a. Berapa
Banyak ?
Sesuatu Yang Sulit Dijawab Karena Berapapun
Kapasitas Memory Tentu Aplikasi Akan Menggunakan - Nya
b. Berapa
Cepat ?
Memory Harus Mampu Mengikuti Kecepatan CPU Agar
Terjadi Sinkonisasi Kerja Agar Tidak Ada Waktu Tunggu Karena Komponen Lain
Belum Selesai Proses - Nya
c. Berapa
Mahal ?
Kalau Masalah Harga Tergantung Produsen ( Relatif )
Yang Mencari Harga Murah Tanpa Mengorbankan Kualitas – Nya
8. Jelaskan
hubungan harga, kapasitas dan waktu akses memori !
Semakin Kecil Waktu
Akses, Maka Semakin Kecil Harga Per - Bit - Nya
Semakin Besar Kapasitas,
Maka Semakin Kecil Harga Per - Bit - Nya
Semakin Besar
Kapasitas, Maka Semakin Besar Waktu Akses – Nya
9. Lengkapilah
spesifikasi table memori berikut ini :
Tipe Memori
|
Teknologi
|
Ukuran
|
Waktu Akses
|
Chache Memory
|
Semi Konduktor
RAM
|
128-512 KB
|
10 ns
|
Memori Utama
|
Semi Konduktor
RAM
|
4-128 MB
|
50 ns
|
Disk Magnetik
|
Harddish
|
Gigabyte
|
10 m/s,10MB/detik
|
Disk Optik
|
CD ROM
|
Gigabyte
|
300 m/s,600
KB/detik
|
Pita Magnetik
|
Tape
|
100 MB
|
Det-met,10MB/menit
|
10. Sebutkan
jenis memori random akses !
a. SDRAM
= Synchronous Dynamic Random-Access Memory
b. DDR
SDRAM = Double Data Rate Synchronous Dynamic Random-Access-Memory
c. DDR2
SDRAM = Double Data Rate Type Two Synchronous Dynamic Random-Access Memory
d. SDRAM
= Double Data Rate Type Three Synchronous Dynamic Random-Access Memory
e. DDR4
SDRAM = Double Data Rate Type Four Synchronous Dynamic Random-Access Memory
f. DRDRAM
= Direct Rambus Dynamic Random-Access Memory
g. PSRAM
= Pseudostatic Random-Access Memory
h. RLDRAM
= Reduced-Latency Dynamic Random-Access Memory
i.
EDO DRAM = Extended
Data Out Dynamic Random-Access Memory
j.
SGRAM = Synchronous
Graphics Random-Access Memory
k. FPM
DRAM = Fast Page Mode Dynamic Random-Access Memory
11. Fungsi
dari cache memori adalah
a. Mempercepat
Akses data pada komputer
b. Meringankan
kerja prosessor
c. Menjembatani
perbedaan kecepatan antara cpu dan memory utama.
d. Mempercepat
kinerja memory.
e. Mengontrol
data yang masuk dari masing-masing inti prosesor.
12. Kapasitas
dari cache memori adalah
Level 1 : 8Kb, 64Kb dan
128Kb.
Level 2 : 256Kb sampai
dengan 2Mb.
13. Apabila
blok berukuran besar ditransfer ke dalam cache, maka akan terjadi penurunan hit
ratio karena banyaknya data yang dikirim di sekitar referensi. Blok-blok yang
berukuran lebih besar mengurangi jumlah blok yang menempati cache. Karena
setiap pengambilan blok menindih isi cache yang lama, maka sejumlah kecil blok
akan menyebabkan data menjadi tertindih setelah blok itu diambil.
14. Fungsi
pemetaan diimplementasikan dengan menggunakan alamat, yang terdiri dari 3
field(tag, line, word). Jelaskan yang dimaksud dengan tag, line, dan word !
a. Word
= Bit paling kurang berarti yang mengidentifikasikan word atau byte unik dalam
blok memori utama
b. Line
= Byte sisa word yang menspesifikasi salah satu dari 2S blok memori utama
c. Tag =Sisa digit dari word dan line.Bagian paling
berarti dalam alamat
15. Jelaskan
yang dimaksud assosiatif set dan hubungan yang terjadi di dalamnya !
Pemetaan asosiatif set
menggabungkan kelebihan yang ada pada pemetaan langsung danpemetaan asosiatif.
Memori cache dibagi dalam bentuk set – set.Pemetaan asosiatif set prinsipnya
adalah penggabungan kedua pemetaan sebelumnya.Alamat memori utama
diinterpretasikan dalam tiga field, yaitu: field tag, field set, dan field
word.Hal ini mirip dalam pemetaan langsung. Setiap blok memori utama dapat
imuat dalamsembarang saluran cache.
Dalam pemetaan asosiatif set, cache dibagi dalam v buah set, yang masing
–masingterdiri dari k saluran. Hubungan yang terjadi adalah :
m = v x k
i = j modulus v dan v =
2d dimana :
i = nomer set cache
j = nomer blok memori
utama
m = jumlah saluran pada
cache 46
16. Definisi
dari algoritma penggantian adalah mekanisme pergantian blok-blok dalam memori
cache yang lama dengan data baru. Algoritma penggantian digunakan untuk
menentukan blok mana yang harus dikeluarkan dari cache untuk menyiapkan tempat
bagi blok baru. Ada 2 metode algoritma penggantian yaitu Write-through dan
Write-back.Write-through adalah Cache dan memori utama diupdate secara
bersamaan waktunya. Sedangkan Write-back melakukan update data di memori utama
hanya pada saat word memori telah dimodifikasi dari cache.
17. Jelaskan
yang dimaksud dengan algoritma First in First Out (FIFO) dan Least Frequently
Used(LFU), berikan contohnya !
a. Firs
in First Out (FIFO)
Algoritma ini adalah algoritma yang paling
sederhana. Prinsip dari algoritma ini adalah seperti prinsip antrian (antrian
tak berprioritas), halaman yang masuk lebih dulu maka akan keluar lebih dulu
juga. Algoritma ini menggunakan struktur data stack. Apabila tidak ada frame kosong
saat terjadi page fault, maka korban yang dipilih adalah frame yang berada di
stack paling bawah, yaitu halaman yang berada paling lama berada di memori.
Dengan hanya informasi mengenai lama berada di memori, maka algoritma ini dapat
memindahkan page yang sering digunakan.Boleh jadi page itu berada terus di
memori karena selalu digunakan. Page itu karena mengikuti pola antrian berdasar
lamanya berada di memori menjadi elemen terdepan, diganti, dan segera harus
masuk kembali ke memori sehingga terjadi page fault kembali
b. Least
Frequently Used(LFU)
Algoritma ini mengasumsikan kelas-kelas bernomor
lebih rendah akan baru akan digunakan kembali dalam waktu relatif
lama.Algoritma ini mudah dipahami dan diimplementasikan. Implementasi algoritma
ini sangat efisien karena tak banyak langkah dalam pemilihan page.Algoritma ini
memang tidak optimal, tapi dalam kondisi-kondisi normal telah memadai.
18. Sebutkan
keuntungan unified cache !
a. Memiliki
hit rate yang tinggi karena telah dibedakan antara informasi data dan informasi
instruksi.
b. Selain
itu hanya sebuah cache saja yang perlu dirancang dan diimplementasikan.
ConversionConversion EmoticonEmoticon